Pengaruh metode problem solving dan keterampilan terhadap hasil belajar fikih peserta didik pada materi pokok Salat Idain kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal

Nurdiansyah, Bambang (2014) Pengaruh metode problem solving dan keterampilan terhadap hasil belajar fikih peserta didik pada materi pokok Salat Idain kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911011_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911011_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bab1.pdf]
Preview
Text
103911011_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bab2.pdf]
Preview
Text
103911011_bab2.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bab3.pdf]
Preview
Text
103911011_bab3.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bab4.pdf]
Preview
Text
103911011_bab4.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bab5.pdf]
Preview
Text
103911011_bab5.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 103911011_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911011_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (184kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode problem solving dan keterampilan terhadap hasil belajar fikih peserta didik pada materi pokok salat Idain kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurang tertariknya peserta didik dengan mata pelajaran Fikih materi salat ied yang mengakibatkan peserta didik tidak dapat memahami materi dengan baik. karena tidak mampu memahami materi dengan baik maka hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih. Masih banyak nilai peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh sebab itu perlu adanya perubahan metode pembelajaran agar peserta didik mampu memahami materi salat Iedan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode problem solving dan keterampilan terhadap hasil belajar fikih peserta didik pada Materi Pokok Salat Idain kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar fikih siswa kelas IV MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai semester sebelumnya. Kemudian sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan problem solving dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Kemudian data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata pelajaran Fikih peserta didik yang diajar dengan metode problem solving dan keterampilan lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh sedangkan ttabel = 1,67 Karena maka ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 77,47 dan kelas kontrol = 72,27, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh dari pada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ridwan, M.Ag.; H. Amin Farih, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Salat Idain; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:28
Last Modified: 23 Jun 2015 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4056

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics