Pengaruh penggunaan media audio visual dengan metode reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok العنوان kelas IV semester II MIN Wonoketingal Demak

Kholifah, Kholifah (2014) Pengaruh penggunaan media audio visual dengan metode reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok العنوان kelas IV semester II MIN Wonoketingal Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911022_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911022_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bab1.pdf]
Preview
Text
103911022_bab1.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bab2.pdf]
Preview
Text
103911022_bab2.pdf - Accepted Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bab3.pdf]
Preview
Text
103911022_bab3.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bab4.pdf]
Preview
Text
103911022_bab4.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bab5.pdf]
Preview
Text
103911022_bab5.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 103911022_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911022_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Media Audio Visual dengan Metode Reading Aloud dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok العنوان kelas IV semester II MIN Wonoketingal Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian ini eksperimen menggunakan “Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV A merupakan kelas eksperimen dan kelas IV B merupakan kelas kontrol. Kelas IV A terdiri dari 25 peserta didik dan kelas IV B terdiri dari 25 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi.
Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen, kelas kontrol, kelas uji coba dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post¬-test hasil pembelajaran yang diterapkan model pembelajaran Penggunaan Media Audio Visual dengan Metode Reading Aloud dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional (ceramah). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba. .
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, lebih dahulu tes tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada pengujian hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2,105, sedangkan ttabel = 1,684. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan Media Audio Visual dan Metode Reading Aloud lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 76,92 dan kelompok kontrol = 65,96 juga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan Media Audio Visual dengan Metode Reading Aloud berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Arab kelas IV Materi Pokok العنوان di MIN Wonoketingal Demak.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Media Audio Visual dengan Metode Reading Aloud lebih baik dari pada model konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ahmad Ismail, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Bahasa Arab; Reading aloud; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 08:00
Last Modified: 25 May 2015 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics