Pengaruh penggunaan metode quantum teaching dan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati

Susanti, Susanti (2014) Pengaruh penggunaan metode quantum teaching dan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911052_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bab1.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bab2.pdf - Accepted Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911052_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Penerapan Metode Quantum Teaching dan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas III Semester II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok Puisi Anak di MI Darun Najah Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Darun Najah Pati. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III A merupakan kelas Eksperimen dan kelas III B merupakan kelas Kontrol. Kelas III A terdiri dari 23 peserta didik dan kelas III B terdiri dari 21 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Metode Observasi untuk memperoleh data tentang situasi dan proses pembelajaran di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. Selain menggunakan metode dokumentasi dan observasi peneliti juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan metode pembelajaran Quantum Teaching beserta media gambar dan juga untuk kelas yang menggunakan metode ceramah. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 8,25 sedangkan ttabel = 1, 68. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil menulis puisi peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dan media gambar lebih baik dari pada hasil menulis puisi peserta didik dalam pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 75,21 dan kelompok kontrol = 57,38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Quantum Teaching dan media gambar berpengaruh terhadap hasil keterampilan menulis puisi peserta didik kelas III di MI Darun Najah Pati tahun pelajaran 2013/2014. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar berupa keterampilan menulis puisi peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dan media gambar lebih baik dari pada metode ceramah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Quantum Teaching; Keterampilan menulis puisi; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 499 Miscellaneous languages > 499.221 Bahasa Indonesia
800 Literature and rhetoric > 810 American literature in English > 811 Poetry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Zulaikhah, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 08:06
Last Modified: 25 May 2015 08:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item