Penggunaan metode spelling bee dalam meningkatkan mufradat Bahasa Arab materi pokok تَقْدِيْمُ الْأُسْرَةِ kelas IV MI Salafiyah Kendal

Diniyah, Syarifatud (2014) Penggunaan metode spelling bee dalam meningkatkan mufradat Bahasa Arab materi pokok تَقْدِيْمُ الْأُسْرَةِ kelas IV MI Salafiyah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911054_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bab1.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bab2.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bab3.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bab4.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bab5.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911054_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran Spelling Bee lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Salafiyah Karangmalang, Kangkung, Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, yang berjumlah 50 peserta didik. Sampelnya adalah kelas IVA yang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Spelling Bee dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 3,964, sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Bahasa Arab peserta didik yang diajar dengan pembelajaran menggunakan metode Spelling Bee lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,353 dan kelompok kontrol = 67,529 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Spelling Bee terhadap hasil belajar dan penguasaan mufradat Bahasa Arab materi pokok تَقْدِيْمُ الْأْسْرَةِ kelas IV MI Salafiyah, Karangmalang, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mufradat; Bahasa Arab; Metode Pembelajaran; Spelling Bee
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Mufidah, S. Ag., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 08:07
Last Modified: 25 May 2015 08:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item