Implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mranggen

Muttaqin, Muttaqin (2010) Implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104325 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 3104325 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3104325 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mranggen yang meliputi keterampilan dalam pengelolaan tata ruang kelas, pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode survei atau observasi yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini sebanyak 2 orang guru. Pengumpulan datanya menggunakan instrumen, interview, dan observasi.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, dimana dalam penelitian ini penulis menggunakan kajian deskriptif yang mana dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi dan interview. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif.
Dan dari hasil analisis keterampilan pengelolaan kelas menunjukkan bahwa guru mapel PAI di SMP Negeri 1 Mranggen memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, dilihat dari kompetensi guru dalam: (1) keterampilan dalam pengelolaan tata ruang kelas guru berada pada kualifikasi baik, meskipun pembelajaran masih berlangsung secara klasikal, tidak ada perbedaan yang berarti, terkait dengan pengaturan tata ruang kelas yang di lakukan guru cukup memadai untuk pembelajaran dan penciptaan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. (2) keterampilan dalam pengelolaan waktu rata-rata guru berada pada kualifikasi baik, terkait dalam pengalokasian waktu agar terorganisir dalam pelaksanaannya dibagi dalam beberapa tahap antara lain waktu untuk pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutupan, dan penjelasan tugas-tugas, guru merinci alokasi waktu untuk masing masing kegiatan sesuai kebutuhan dalam pengajaran yang mengacu pada perencanaan yang dibuat. (3) keterampilan dalam pengelolaan materi guru mapel PAI rata-rata juga berada pada kualifikasi baik. Dari kompetensi guru dalam pengelolaan materi setiap guru telah membuat perencanaan yang berpedoman pada buku sumber materi pengajaran yang sudah tercantum pada kurikulum yang ada, sehingga materi pelajaran yang tersusun memudahkan penyampaian kepada murid dan untuk menghindari penyampaian materi agar tidak menyimpang guru mengacu pada rencana pembelajaran. (4) keterampilan dalam pengelolaan siswa rata-rata guru berada pada kualifikasi cukup, meski belum semuanya siswa terlibat aktif dalam kegiatan pengajaran tapi minimal sebagian dari siswa sudah menunjukkan partisipasinya dalam proses pengajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi khususnya bagi guru mata pelajaran PAI, dan juga guru-guru bidang studi yang lain sehingga dapat dijadikan pedoman serta bahan untuk meningkatkan kompetensi guru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rahman, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 04 May 2015 07:56
Last Modified: 04 May 2015 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics