Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode diskusi dengan media komik (studi tindakan pada kelas XI MAN Lasem)

Jannatinnaim, Siti (2010) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode diskusi dengan media komik (studi tindakan pada kelas XI MAN Lasem). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105014 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3105014 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105014 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi belajar SKI siswa di kelas XI MAN Lasem (2) Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas XI MAN Lasem dengan metode diskusi dengan media komik.
Penelitian ini memakai studi tindakan (action research) pada siswa kelas XI MAN Lasem. Dari hasil observasi secara langsung di kelas XI melalui pra siklus, penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran SKI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung. Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan siswa menggambarkan motivasi untuk mengikuti pembelajaran, dari jawaban nilai angket pra siklus juga masih di bawah standar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan angket.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan metode diskusi dengan media komik, dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi ter motivasi dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus dari jawaban angket motivasi belajar siswa mempunyai prosentase 61,2%, pada siklus 1 prosentase 70,8%, pada siklus 2 prosentase naik menjadi 72,47%.Sedangkan dari observasi prosentase pada pra siklus adalah 52,5 %. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan motivasi belajar siswa meningkat meskipun belum melebihi standar menjadi 58,75%. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 motivasi belajar mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar siswa dapat diprosentasekan menjadi 68,75% . Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode diskusi dengan media komik dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi dengan media komik. Motivasi ini dapat dilihat dari keaktifan dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta dari hasil angket . Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI memperkaya strategi dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Musthofa Rahman, M. Ag.; Ahmad Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Metode Diskusi; Media Komik; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:45
Last Modified: 06 May 2015 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics