Model pembelajaran pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang

Nisrokh, Nisrokh (2009) Model pembelajaran pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105035 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105035 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran pendidikan anak usia dini di PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada beruap kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Di dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan library research atau studi pustaka dan field research atau studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode observasi, metode wawancara atau interview dan metode dokumentasi. Secara umum dalam proses belajar mengajar di PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang menggunakan 2 Model yang variatif guna menghindari kejenuhan anak dalam menerima materi, yaitu Model IMTAQ dan Model BCCT. Dan variasi Model yang digunakan guru PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang memungkinkan anak dapat memahami proses belajar yang lebih sistematis, efektif dan efisien. Selain itu juga dapat mengurangi kebosanan pada anak. Dalam Model BCCT dibagi menjadi 4 sentra yaitu: sentra balok, sentra seni dan kreativitas, sentra matematika, dan sentra musik dan olah tubuh. Adapun Model IMTAQ digunakan untuk materi agama. Materi yang disampaikan di PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang berupa materi agama meliputi aqidah, ibadah, dan akhlak. Dan materi pengetahuan umum meliputi bahasa, matematika, motorik halus dan kasar. Secara umum penyampaian materi yang dipraktekkan di PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang hanya sebatas pada konsep kognitif yaitu menekankan tersebut hanya sebatas pada hafalan-hafalan yang bersifat rutinitas. Hal tersebut diharapkan berpengaruh meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam menerima materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Ismail SM, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:57
Last Modified: 06 May 2015 09:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4076

Actions (login required)

View Item View Item