Efektivitas practice-rehearsal pairs dan media audio visual terhadap hasil belajar materi pokok hafalan Surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan

Lestari, Indah Puji (2014) Efektivitas practice-rehearsal pairs dan media audio visual terhadap hasil belajar materi pokok hafalan Surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911071_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bab1.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bab2.pdf - Submitted Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bab4.pdf - Accepted Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bab5.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911071_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (48kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini berjalan khususnya dalam pembelajaran menghafal surat-surat pendek siswa disuruh menghafal sendiri-sendiri. Hal tersebut kurang mengembangkan semangat belajar serta kemampuan siswa dalam belajar terutama dalam menghafal. Karena setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan practice-rehearsal pairs dan media audio visual terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah practice-rehearsal pairs dan media audio visual efektif terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV di MI Miftahul Akhlaqiyah? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas IV A sebagai kelas kontrol, kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas V sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan evaluasi setelah pembelajaran selesai. Soal evaluasi yang diberikan sebelumnya telah diuji cobakan pada kelas uji coba untuk di ketahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya bedanya. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh thitung=1,727 > ttabel=1,68 dengan = 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan practice-rehearsal pair dan media audio visual sebesar 75,60, sementara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran konvensional sebesar 70,60. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain practice-rehearsal pairs dan media audio visual efektif terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreatifitas dalam menggunakan pembelajaran practice-rehearsal pairs dan media audio visual. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini. Sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hafalan al-Qur'an; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.S.I; Hj. Nadhifah, M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 02:07
Last Modified: 30 May 2015 02:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item