Penerapan metode index card match dalam pembelajaran materi Surah An-Nashr kelas satu semeseter I di MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2013/2014

Zulaikah, Siti Rizanatul (2014) Penerapan metode index card match dalam pembelajaran materi Surah An-Nashr kelas satu semeseter I di MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911085_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bab1.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bab2.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bab3.pdf - Accepted Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bab4.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103911085_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (118kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran qur’an hadits dengan metode index card match yang ada di MI FUTUHIYYAH Mranggen-Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode index card match pada materi surah An-Nashr di MI Futuhiyyah Mranggen-Demak, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam menerapkan metode tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Qur’an Hadits kelas 1 MI Futuhiyyah Mranggen-Demak dengan menerapkan metode index card match secara keseluruhan sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan RPP dan instrument pembelajarannya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Suasana pembelajaran juga terlihat aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Hal tersebut terlihat dari keaktifan peserta didik dalam bertanya, membacakan kartu yang dipegang masing-masing, keaktifan guru dalam memberikan jawaban. Faktor-faktor yang mendukung diantaranya: adanya kemauan dari guru untuk menerapkan PAIKEM dalam pembelajaran Qur’an Hadits kelas 1, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran, sarana-prasarana yang cukup lengkap, dan dukungan dari Kepala Madrasah yang diwujudkan dengan penerapan model pembelajaran PAIKEM bagi guru-guru di lingkungan MI Futuhiyyah Mranggen Demak. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pembelajaran dengan menerapkan PAIKEM, bentuk dan meja kursi yang masih konvensional, masih sedikitnya guru-guru di lingkungan MI Futuhiyyah Mranggen Demak yang memahami PAIKEM, peserta didik yang masih malu-malu, hasil/karya peserta didik belum dipajang di dalam kelas, dan tidak adanya alat peraga sederhana di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis PAIKEM dalam pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimplementasi pada terwujudnya pendidikan yang berkualitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Al-Qur'an; Index card match
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembibing: Fakrur Rozi, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 02:56
Last Modified: 30 May 2015 02:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item