Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia yang Terhimpun dalam Kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang

Zuhriyyah, Aminatuz (2012) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia yang Terhimpun dalam Kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083711003_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711003_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (34kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang serta kesesuain kompetensi pedagogik tersebut terhadap peraturan Menteri Pendidikan Nasional tahun No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang? (2) Apakah kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang sudah memenuhi standar kompetensi guru mata pelajaran yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru? Permasalahan ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik triangulasi. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber (wawancara semi terstruktur, Observasi, dan dokumentasi). Data dianalisis dengan pendekatan femenologis dan analisis deskriptif dengan menggunakan model Milles and Huberman . Dari hasil penelitian tentang kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-kota Semarang adalah sebagai berikut: 1. Kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP kimia se-Kota Semarang mempunyai kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari: a. Mampu menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual yaitu dengan memahami karakteristik peserta didik, memahami potensi, bekal awal, dan menangani kesulitan belajar peserta didik dalam mempelajari pelajaran kimia. b. Mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu terealisasi dengan menggunakan pendekatan inquiri, metode diskusi dan driil soal. c. Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu yaitu diaplikasikan dengan membuat perangkat pembelajaran, mengembangkan tujuan, indikator dan instrumen dari indikator yang telah ditentukan. d. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yaitu dengan mampu membuat RPP, mengembangkan komponen-komponennya, serta melaksanakan pembelajaran di laboratorium secara terus menerus sesuai dengan materinya. e. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yaitu selalu memanfaatkan TIK pada saat KBM. f. Telah memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki yaitu dengan memberi tugas kepada peserta didik seperti membuat kalorimeter bomb dari bungkus pop mie, kartu ion, geometri molekul dan mengunduh materi dari internet dengan animasi-animasi yang lebih menarik. g. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik yaitu memanfaatkan tahap apersepsi, tanya jawab saat proses KBM dan penggunaan pendekatan inquiri. h. Telah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yaitu dengan 1) menggunakan prinsip-prinsip evaluasi sesuai dengan UKRK, 2) ranah evaluasi yang terdiri dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta menetapkan aspek inti untuk memahami pelajaran kimia yakni pemahaman konsep dasar, penguasaan rumus, penggambaran persenyawaan, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, 3) melaksanakan evaluasi dengan baik, 4) Penetapan, administrasi, dan analisis prosedur serta instrumen evaluasi yang terdiri atas validitas soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. i. Telah memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dengan standar nilai KKM antara 75 sampai dengan 78, mengadakan tindakan remedial serta melaporkan rekap nilai kepada waka kurikulum. j. Telah melaksanakan penelitian tindakan kelas, namun belum memanfaatkannya secara maksimal. 2. Dari hasil yang telah diuraikan di atas, maka guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang sudah memenuhi peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kompetensi pedagogik guru kimia yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Kimia se-Kota Semarang mempunyai kategori yang baik serta telah memenuhi peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, dengan kompetensi yang baik tersebut diharapkan dapat memanfaatkannya dengan cara memberikan pelatihan kepada guru-guru yang berkategori kompetensi pedagogiknya rendah, agar guru di Indonesia menjadi pendidik yang kompeten dan mampu memajukan pendidikan di Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik; Guru Kimia; MGMP Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 08:44
Last Modified: 03 Dec 2013 08:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item