Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran waktu dengan metode inkuiri dan media jam pada siswa kelas V semester I di MI Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Kabupaten Demak tahun 2014/2015

Akhid, Muhammad (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran waktu dengan metode inkuiri dan media jam pada siswa kelas V semester I di MI Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Kabupaten Demak tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911138_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bab1.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bab2.pdf - Accepted Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bab3.pdf - Accepted Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bab5.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911138_bibliografi..pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Waktu Dengan Metode Inkuiri Dan Media Jam Pada Siswa Kelas V Semester I Di Mi Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2014/2015 ”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media jam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester I MI Miftahul Ulum Ngemplak pada pokok bahasan pengukuran waktu?. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pendekatan inkuiri berbantuan media jam, hasil kognitif siswa, keaktifan siswa, dan kinerja guru dapat meningkat. Manfaat penelitian ini antara lain : bagi guru dapat memahami strategi pembelajaran yang bervariasi, tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan sistem pembelajaran di kelas, memiliki pola berpikir yang logis dan rasional terhadap usaha peningkatan mutu pendidikan melalui penggunaan strategi mengajar yang tepat. Bagi siswa : berlatih membangun pengetahuannya sendiri,memberikan pengetahuan nyata tentang materi dan pola pikir inkuiri sehingga proses pembelajaran lebih mudah dipahami, memecahkan matematika pelajaran yang bersifat problematik serta dapat memberikan alternative pemecahannya melalui penemuan terbimbing, dan dengan media pembelajaran bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih dipahami pembelajar. Bagi sekolah : memperoleh masukan kebijakan-kebijakan baru yang dapat meningkatkan mutu sekolah, dan meningkatkan pembinaan terhadap guru dalam meningkatkan mutu guru dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah Classroom Action Reserch (CAR). Penelitian tindakan kelas adalah salah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Ulum Ngemplak Kabupaten Demak dengan jumlah 17 siswa, laki-laki 5 siswa dan perempuan 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang di pakai adalah dengan angket minat siswa, lembar obsevasi siswa maupun guru, serta dengan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media jam dapat meningkatkan : 1. Melalui penggunaan media jam dindingdapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas 5 MI Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen pada tahun pelajaran 2014/2015. Pada pra siklus prosentase keaktifan belajar sebesar 50% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 53,8%, siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 74,5% dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,5 % dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 84,1 % dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%. 2. Melalui penggunaan media jam dindingdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 MI Miftahul Ulum Ngemplak Mranggenpada materi pengukuran waktu semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 57,9 dengan ketuntasan klasikal 53,8%, pada siklus I meningkat menjadi 77,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,5 %, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 81,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan media jam dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengukuran waktu di kelas V semester I MI Miftahul Ulum Ngemplak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar; Metode pembelajaran; Media pemblajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:45
Last Modified: 30 May 2015 04:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4096

Actions (login required)

View Item View Item