Upaya meningkatkan hasil belajar IPA materi adaptasi mahluk hidup menggunakan cooperative learning tipe team quiz di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Mustaqfiroh, Mustaqfiroh (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA materi adaptasi mahluk hidup menggunakan cooperative learning tipe team quiz di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911141_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bab1.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bab2.pdf - Accepted Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bab3.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bab4.pdf - Accepted Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911141_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi selama ini Pembelajaran materi adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal Semester Gasal tahun lalu, rata-rata siswa kurang mampu menjelaskan adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan demikian ialah Cooperative Learning merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran IPA di kelas karena Cooperative Learning menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat gotong royong, saling menolong dan berkerja sama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi adaptasi makhluk hidup menggunakan cooperative learning tipe team quiz di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi adaptasi makhluk hidup menggunakan cooperative learning tipe team quiz di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana pada pra siklus ada 7 siswa atau 35%, pada siklus I ada 12 siswa atau 60% dan pada siklus II tingkat ketuntasannya ada 18 siswa atau 90. Indikator yang telah ditetapkan yaitu rata-rata nilai hasil kuis 70 sebanyak 80% dari jumlah peserta didik telah terpenuhi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Cooperative Learning; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:47
Last Modified: 30 May 2015 04:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item