Upaya meningkatkan hasil belajar Matematika materi waktu menggunakan media jam tiruan dan metode demonstrasi di kelas II MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015

Najih, Novita Fitri Ummun (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar Matematika materi waktu menggunakan media jam tiruan dan metode demonstrasi di kelas II MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911143_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bab1.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bab2.pdf - Accepted Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bab3.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bab4.pdf - Accepted Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911143_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan pembelajaran matematika di kelas II MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak Semester Gasal ternyata peserta didik banyak yang kurang semangat seperti banyak yang bicara sendiri, ngantuk dan kurang antusias dalam bertanya, hal tersebut dikarenakan guru yang mengajarkan kurang variatif dalam menerapkan metode pembelajaran. Untuk menarik peserta didik supaya berminat dalam pembelajaran matematika maka sebagai guru matematika wajib mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan-kesulitan di atas, salah satunya dengan menerapkan metode demonstrasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah penerapan media jam tiruan dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi waktu di kelas II MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak semester gasal tahun ajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan media jam tiruan dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi waktu di kelas II MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak semester gasal tahun ajaran 2014/2015, hal ini terlihat hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana pada siklus I ada 17 siswa atau 68% dan pada siklus II ada 23 siswa atau 92%. Ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan indikator yang ditentukan yaitu KKM 70 sebanyak 80% dari jumlah peserta didik peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa dimana pada per siklus dimana pada siklus I ada 14 siswa atau 56% naik pada siklus II yaitu ada 22 siswa atau 88%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Metode pembelajaran; media pembelajaran; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Lulu’ Choirun Nisa’, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:49
Last Modified: 30 May 2015 04:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item