Upaya meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran Fiqih bab salat melalui media gambar di kelas Iqra 3-4 TPQ Al-Fattah Segaran Semarang

Baini, Siti Nur (2009) Upaya meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran Fiqih bab salat melalui media gambar di kelas Iqra 3-4 TPQ Al-Fattah Segaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105061 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105061 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Santri Dalam Pembelajaran Fiqih Bab Salat Melalui Media Gambar Kelas Iqra 3-4 di TPQ Al-Fatah Segaran Semarang. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (Action Research) yang dilaksanakan di TPQ Al-Fattah Segaran Semarang, Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti mengambil 1 kelas yang dirasa perlu mendapatkan penanganan dan perhatian khusus dalam upaya peningkatan hasil belajar santri dalam pembelajaran fiqih bab salat yang sangat rendah atau memprihatinkan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas Iqra 3-4, kelas tersebut berjumlah 15 santri yang terdiri dari 7 santri laki-laki dan 8 santri perempuan Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari konsidi awal bahwasannya di kelas iqra 3-4 terjadi permasalahan dalam hasil belajar santri dalam pembelajaran fiqih bab salat yang rendah dan jauh dari pencapaian tarjer yang ditetapkan oleh TPQ tersebut. Dari data penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa pembelajarn fiqih yang dilaksanakan di kelas iqra 3-4 masih menggunakan metode yang klasikal tanpa fariasi yang membuat santri merasa jenuh dan tanpa menggunakan bantuan media apapun, dari sini ustad hanya menggunakan weardboard sebagai alat bantunya. Dari hal tersebutlah santri cenderung pasif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar santri dalam pembelajaran fiqih bab salat rendah karena materi sulit difahami oleh santri. Dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti dapatkan diatas dapat dilihat dari observasi psikomotorik santri yang kurang saat pembelajaran fiqih sedang berlangsung. Dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan dalam pembelajaran fiqih bab salat, santri juga belum bisa mencapai indikator dan batas katercapaian atau standar kelulusan yang sudah ditetapkan di dalam TPQ tersebut yakni sebesar 70%. Adapun hasil belajar santri dengan prosentase tertinggi dalam pembelajaran fiqih bab salat dapat diketahui sebagai berikut: Aspek pengamatan Kognitigf Psikomotorik Pra Siklus 20% = 12 Tuntas 46, 7% Siklus I 60% = 9 Tuntas 65 % Siklus II 93,3% = 14Tuntas 95% Sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran fiqih bab salat di kelas iqra 3-4. Kemudian adanya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran fiqih dapat dilihat dari observasi yang dilakukan pada aspek psikomotorik. Dan hasil penelitin diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak agar meningkatkan hasil belajar dalam pembelajarn bab salat melalui media gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Fiqih; Media pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ridwan, M. Ag.; Drs. Mahfud Junaedi, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 01 Jun 2015 05:32
Last Modified: 01 Jun 2015 05:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item