Penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi materi pokok virus peserta didik kelas X di MA NU Nurul Huda Semarang

Naufalin, Rifda (2009) Penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi materi pokok virus peserta didik kelas X di MA NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105069 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menemukan penerapan pendekatan CTL pada materi pokok virus; (2) meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik kelas X MA NU Nurul Huda Semarang mata pelajaran biologi khususnya materi pokok virus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas X.A semester 1 MA NU Nurul Huda Semarang mata pelajaran Biologi pada materi pokok Virus. Adapun pemberian angket yang diberikan oleh peneliti kepada peserta didik untuk mengetahui minat terhadap pembelajaran biologi sebelum pelaksanaan pra siklus tentang tanggapan terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) ternyata dapat dilihat dari hasil angket minat peserta didik sangat kurang dalam pelajaran biologi. Rata-rata nilai tes evaluasi yang dicapai pada kondisi awal yaitu pada materi Virus sebesar 59,56. Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 19 orang atau 51,28%. Hasil belajar ini belum memuaskan dan lebih dari 75% peserta didik belum dapat tuntas belajar. Fakta menunjukkan bahwa peserta didik kelas X MA NU Nurul Huda Semarang belum bisa menyelesaikan soal yang diberikan dengan baik, kurang berani untuk tampil di depan kelas, kurang aktif bertanya kepada guru, dan enggan untuk menyampaikan ide-ide mereka. Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi, dalam hal ini peneliti menggunakan alternatif dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa prosentase rata-rata aktivitas sebesar 54,55%. Sedangkan nilai rata-rata mencapai 62,94 dengan ketuntasan belajar 61,53%.Untuk siklus II prosentase aktivitas mencapai 65,7% dengan rata-rata tes akhir 69,35 dengan ketuntasan belajar 74,35%. Pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas sebesar 78,45% dan rata-rata hasil tes 75 dengan ketuntasan belajar sebesar 94,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas X di MA NU Nurul Huda Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Lianah, M. Pd.; Ahwan Fanani, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning(CTL); Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:47
Last Modified: 06 May 2015 09:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item View Item