Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan bulat dengan metode everyone is a teacher here (ETH) siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Wedung Demak tahun 2014

Ermawan, Ah. Faiq (2014) Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan bulat dengan metode everyone is a teacher here (ETH) siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Wedung Demak tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911156_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bab1.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bab2.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bab3.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bab4.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bab5.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911156_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (138kB) | Preview

Abstract

Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan kecamatan Wedung Kabupaten Demak mata pelajaran matematika tentang operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan respon siswa mengenai pembelajaran Matematika serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman operasi bilangan bulat setelah pembelajaran Matematika dengan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan tes. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah model pembelajaran kooperatif tipe ETH dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan pada mata pelajaran matematika materi pokok operasi perkalian bilangan bulat di semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH secara umum berlangsung kondusif, siswa menunjukkan respon positif, serta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman operasi perkalian bilangan bulat pada setiap siklus selama penelitian berlangsung. Peningkatan kemampuan pemahaman operasi perkalian bilangan bulat tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dan ketuntasan siswa setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 72 dan ketuntasan belajar 76%, pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 77 dan ketuntasan belajar 94%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan guru dapat menerapkan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dapat meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika untuk sekolah dasar; Metode Pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Kristi Liani Purwanti, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 05:32
Last Modified: 30 May 2015 05:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item