Peningkatan prestasi belajar Matematika pokok bahasan operasi hitung campuran bilangan bulat melalui metode problem posing di kelas 5 MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Fikhusnina, Anna (2014) Peningkatan prestasi belajar Matematika pokok bahasan operasi hitung campuran bilangan bulat melalui metode problem posing di kelas 5 MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911159_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bab1.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bab2.pdf - Accepted Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bab3.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bab4.pdf - Accepted Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bab5.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911159_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (158kB) | Preview

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Metode Problem Posing di kelas 5 MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Tadris PGMI IAIN Walisongo, 2014. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: bagaimana aktivitas siswa kelas 5 pada saat diterapkan metode problem posing pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang? dan bagaimana prestasi belajar siswa kelas 5 setelah diterapkan metode problem posing pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa kelas 5 pada saat diterapkan metode problem posing pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 5 setelah diterapkan metode problem posing pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang pada tanggal 6 Oktober 2014 sampai 30 Oktober 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang yang berjumlah 16 siswa. Data penelitian ini berupa data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diketahui dari lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diketahui dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥ 65 dan daya serap klasikal 85% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus II menjadi lebih baik. Tahapan pembelajaran yang diterapkan menuntut siswa untuk selalu melakukan kegiatan, berinteraksi dengan siswa lain, mengembangkan kemampuan komunikasi dan berfikir kritis dalam mengahadapi permasalahan. Peningkatan aktivitas siswa juga diiringi oleh peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 MI AN NUR pada materi pembelajaran operasi hitung campur bilangan bulat. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil tes prestasi belajar siswa siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode problem posing telah mampu meningkatkan aktivitas, pemahaman konsep matematika dan prestasi siswa kelas 5 MI AN NUR pada materi pembelajaran operasi hitung campur bilangan bulat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika untuk sekolah dasar; Metode pembelajaran; prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Kristi Liani Purwanti, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jun 2015 05:19
Last Modified: 01 Jun 2015 05:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item