Peningkatkan hasil belajar menulis deskripsi dengan model picture to picture di kelas I MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak tahun 2014/2015

Badriyah, Badriyah (2014) Peningkatkan hasil belajar menulis deskripsi dengan model picture to picture di kelas I MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911162_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bab1.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bab2.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bab3.pdf - Accepted Version

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bab4.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bab5.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911162_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (165kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama mengajar di kelas I MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak, ditemukan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pembelajaran menulis deskrisi yaitu menulis sering kali menjadi suatu hal yang kurang diminati dan kurang mendapat respon yang baik dari siswa. Siwa tampak mengalami kesulitan ketika harus menulis. Siswa tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika pembelajaran menulis dimulai, Siswa terkadang sulit sekali menemukan awal kalimat yang bakal dijadikan kalimat pembuka dalam menulis deskripsi, bahkan siswa sering menghadapi sidrom kertas kosong tidak tahu apa yang akan ditulisnya. Mereka terkesan takut salah, takut berbeda dengan apa yang diinstruksikan gurunya. Apalagi pembelajaran hanya berpusat pada guru serta penggunaan media yang kurang sesuai. Di samping itu pembelajaran menulis di kelas terkadang juga hanya diajarkan pada saat-saat tertentu saja karena mengingat terbatasnya waktu yang ada, sehingga kebiasaan siswa dalam menulis tidak bisa tersalurkan dengan sepenuhnya, padahal pembelajaran keterampilan menulis dapat dipadukan atau diintegrasikan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menerapkan model picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi kelas I MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak ? permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa model picture to picture dapat meningkatkan Hasil Belajar Menulis Deskripsi Kelas I MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus yang selalu mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 yang dapat dianalisis sebagai berikut: nilai rata-rata siswa yaitu 64,25 pada Pra Siklus, 73,14 pada siklus I dan 80,56 pada siklus II. Sedangkan, peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada Pra Siklusmencapai 43,33%,, 74,07% pada siklus I 63,33% pada siklus I ini terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 20% dan peningkatan yang terjadi pada siklus II sebesar 90% ada peningkatan 26,67% jika disbanding dengan siklus I

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Belajar menulis deskripsi; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jun 2015 09:13
Last Modified: 05 Jun 2015 09:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4112

Actions (login required)

View Item View Item