Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode everyone is a teacher here dan reading guide pada pembelajaran PKN materi cinta lingkungan sekitar di kelas II MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun 2014-2015

Istianah, Istianah (2014) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode everyone is a teacher here dan reading guide pada pembelajaran PKN materi cinta lingkungan sekitar di kelas II MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911167_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bab1.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bab2.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bab3.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bab5.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911167_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang tentunya berpengaruh terhadap maksimalisasi pencapaian tujuan pembelajaran. PTK ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimanakah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi cinta lingkungan sekitar?; Bagaimana penerapan metode Everyone is Teacher Here dan Reading Guide dalam Pembelajaran PKn Materi Cinta Lingkungan Sekitar? ; Apakah penerapan Metode Everyone is Teacher Here dan Reading Guide dalam Pembelajaran PKn Materi Cinta Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas II MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014-2015. Kedua metode dalam hal ini Everyone is Teacher Here (ETH) dan Reading Guide (RG) dijadikan sebagai metode pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Datanya diperoleh dengan cara observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan penelitian yang berbasis pola kerja yang bersifat kolaboratif dan analisis deskriptif menggunakan logika yang berlangsung dalam beberapa tahap yang dimulai dari perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi, yang kemudian kembali pada perencanaan awal semula (siklus). PTK ini menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa dalam belajar PKn pada materi Cinta Lingkungan Sekitar di Kelas II MI Islamiyah Bulusari tergolong masih rendah, karena mata pelajaran PKn kurang begitu diminati siswa; Penerapan metode everyone is a teacher here dan reading guide berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala, karena kelas yang dijadikan PTK termasuk kategori kelas gemuk. Keberhasilan penerapan metode everyone is a teacher here dan reading guide bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak ditunjukan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu kesiapan, semangat dan antusias pada saat proses pembelajaran dari masing- masing siklus, yang pada tahap pra siklus hanya 50 % untuk prosentase motivasi belajar siswanya, meningkat 65 % (siklus I) hingga 84 % (siklus II). Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor observasi yang diprosentasekan melalui pengamatan tentang motivasi belajar siswa dengan indikator kesiapan dan keaktifan dalam proses pembelajaran. Prosentase peningkatan motivasi belajar dari pra siklus 50 %, sampai siklus 2 yaitu dari 65 % pada siklus pertama meningkat menjadi 84 % pada siklus dua; Setelah menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here dan Reading Guide pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Motivasi belajar siswa di kelas II dapat meningkat; Proses pembelajaran PKn materi cinta lingkungan sekitar kelas II MI Islamiyah, menjadi semangat peserta didiknya, serta dalam pembelajaran mereka menunjukkan sikap antusias, semangat dan selalu aktif. Dari penelitian ini, maka peneliti memberikan rekomendasi dan saran; Hendaknya pihak sekolah dan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan memfasilitasi guru untuk meningkatkan profesinya dan sering melakukan penataran tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 maupun pelatihan metode pembelajaran hingga mampu mencapai tujuan yang dikehendaki; Guru diharapkan selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa. Hal semacam ini bisa menjadikan motivasi belajar siswa menjadi bertambah; Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran terhadap siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembeljaran; Cinta lingkungan; Pendidikan kewarganegaraan; Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Zulaikhah, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jun 2015 09:25
Last Modified: 05 Jun 2015 09:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item