Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok ciri-ciri makhluk hidup melalui metode diskusi pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Juwanto, Juwanto (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok ciri-ciri makhluk hidup melalui metode diskusi pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911168_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bab1.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bab2.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bab3.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bab4.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bab5.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911168_bibliogrfi.pdf - Bibliography

Download (142kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas III MI NU 39 Kertosari. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas III hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Hal ini mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi rendah, dikarenakan pembelajaran bersifat pasif dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran, hanya mendengrkan dan mencatat apa yang disampaikan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III MI NU 39 Kertosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI NU 39 Kertosari sejumlah 28 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan metode diskusi menunjukkan keberhasilan, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada perbaikan pembelajaran pra siklus sebesar 46,43% mengalami peningkatan sebesar 17,86% dari kondisi awal menjadi 64,29%, kemudian ketuntasan belajar siswa sebesar 64,29% pada siklus I meningkat 25% menjadi 89,29% setelah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Sains untuk sekolah dasar; Metode pembelajarn
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbinmg: Dr. Lianah, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jun 2015 09:28
Last Modified: 05 Jun 2015 09:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item