Upaya meningkatkan prestasi belajar PKN materi NKRI dengan menggunakan kombinasi metode Reading Guide dan Card Sort pada siswa kelas V di MIN Jungpasir Wedung Demak tahun 2014-2015

Torikoh, Torikoh (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar PKN materi NKRI dengan menggunakan kombinasi metode Reading Guide dan Card Sort pada siswa kelas V di MIN Jungpasir Wedung Demak tahun 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911183_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bab2.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bab3.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bab4.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bab5.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911183_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan kombinasi metode reading guide dan card sort pada mata pelajaran PKn kelas v di MI. Penelitian ini diadakan untuk menyelesaikan permasalah : (1) Bagaimana cara menerapkan kombinasi metode reading guide dan card sort sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jungpasir Wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015.(2) Bagaimana proses pelaksanaan Metode reading guide dan card sort pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jungpasir Wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015 (3) Apakah dengan menggunakan kombinasi metode reading guide dan card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kelas v Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jungpasir Wedung Demak tahun 2014/2015. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kombinasi metode reading guide dan card sort dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan cara menerapkan metode reading guide dengan langkah-langkahnya, kemudian dilanjutkan dengan menerapkan metode card sort dengan langkah-langkahnya, kemudian pembelajaran diakhiri dengan penilaian. Pembelajaran dengan metode reading guide dan card sort di kelas V mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berjalan lancar sesuai dengan harapan. Dimana dalam pembelajaran tersebut siswa menunjukan minat dan perhatiannya yang lebih serius pada materi pelajaran tersebut. Siswa juga nampak aktif dan bersemangat. Keadaan tersebut semakin meningkat pada siklus berikutnya sehingga tujuan pembelajaran sesuai dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diharapkan dapat tercapai. Berdasarkan observasi dan pengumpulan data-data pada penelitian tersebut, maka ditemukan bahwa penerapan kombinasi metode reading guide dan card sort mampu meningkatkan prestasi belajar belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di MIN Jungpasir Wedung Demak tahun 2014/2015 . Peningkatan prestasi itu dilihat pada siklus I Tingkat Ketuntasan Minimal (KKM) mencapai 68,4% yaitu meningkat 0,47 % dari hasil prasiklus 21 %. Dengan rata-rata nilai pada siklus I mencapai 71 dan pada siklus II mencapai Ketuntasan Minimal (KKM) 100% dengan rata-rata nilai mencapai 81. Hasil penelitian ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi dunia pendidikan pada umumnya untuk merenovasi pelaksanaan pembelajaranya agar prestasi siswa dapat lebih meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Zulaikha, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:16
Last Modified: 08 Jun 2015 06:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item View Item