Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Juyanah, Juyanah (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911192_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_bab1.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_bab2.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_bab3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_bab4.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_bab5.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911192_biblikografi.pdf - Bibliography

Download (132kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika pada kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima. Rumusan permasalahan yang dimunculkan adalah ”Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima tahun pelajaran 2014/2015 pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima dengan indikator meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 46,82 pada pra siklus, 66,13 pada siklus 1, dan 79,32 pada siklus 2. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang juga mengalami peningkatan dari 27,27% pada pra siklus, 50% pada siklus 1, dan 86,37% pada siklus 2.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:56
Last Modified: 17 Jun 2015 08:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item View Item