Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Zubaidah, Zubaidah (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911215_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bab1.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bab2.pdf - Accepted Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bab4.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bab5.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911215_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik menggunakan alat peraga konkret dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi mampu membangkitkan rasa ingin tahu, dapat mengembangkan sikap kritis, perhatian dan ketaatan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dikelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015 ? Hasil penelitian membuktikan bahwa Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dikelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak yang terbukti adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Peningkatan prestasi belajar siswa dimana pada pra siklus dengan rata-rata kelas 53,21, persentase ketuntasan 42,85% mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata kelas 73,92 , persentase ketuntasan 71,42% dan pada siklus II dengan rata-rata kelas 84,28 persentase ketuntasan 96,42%. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 85%” Saran penelitian sebagai berikut : (1) Guru mempersiapkan alat dan obyek untuk demonstrasi dan melakukan eksperimen dengan sebaik-baiknya. (2) Guru dalam penggunaan alat peraga konkret dalam pembelajaran hendaklah berperan aktif dalam pendampingan terhadap peserta didik. (3) Guru dalam pembelajaran awal hendaknya memberikan penjelasan dan contoh cara penggunaan alat peraga konkret dalam berdemonstrasi kepada peserta didik. (4) Guru dalam penggunaan alat peraga konkret tentang perubahan wujud benda hendaknya mengutamakan pentingnya keselamatan dan memberikan pengertian tentang bahaya mengenai alat peraga demonstrasi yang sedang berlangsung. Guru diharapkan mampu menguasai setiap pembelajaran dengan segala teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala mampu mencari jalan keluar sebagai alternatif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Metode pembelajaran; Sains untukj sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Nur Hayati, M. SI.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 09:06
Last Modified: 19 Jun 2015 09:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item