Pelaksanaan kurikulum 2013 bidang studi Fisika kelas X di SMA N 1 Kendal tahun ajaran 2013/2014

Primadi, Mufti Wahyu (2014) Pelaksanaan kurikulum 2013 bidang studi Fisika kelas X di SMA N 1 Kendal tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1036110010_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bab1.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bab2.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bab3.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bab4.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bab5.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1036110010_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 sebagai pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 pada bidang studi Fisika maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Ada tiga hal pokok di dalam proses pembelajaran yang harus dikaji, yaitu perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Oleh karena itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah guru melakukan perencanaan pembelajaran? 2) Bagaimanakah guru melakukan pelaksanaan pembelajaran? 3) Bagaimanakah guru melakukan penilaian hasil belajar siswa? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA N 1 Kendal. Data diperoleh melalui hasil wawancara, pengamatan/observasi dan dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi, yaitu dengan memanfaatkan penggunaan sumber, dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara, pengamatan dan dokumentasi yang diperoleh dari berbagai sumber, membandingkan hasil wawancara dengan data hasil pengamatan serta dengan isi dokumen yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan RPP, guru menyesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkungan sekolah. Pembuatan RPP mengacu pada silabus yang telah disediakan oleh Kemendikbud. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik learning berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dengan melalui proses mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan. Penilaian hasil belajar menggunakan penilaian otentik meliputi ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output) pembelajaran. Program remedial dan pengayaan juga sudah dilakukan oleh guru sampai pembuatan laporan hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Fisika; Pelaksanaan pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahrurrozi, M. Ag.; Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:36
Last Modified: 23 Jun 2015 04:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item