Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi pokok alat optik terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas VIII SMPN 18 Semarang tahun ajaran 2013/2014

Najib, Rofiqoh Ilma Aulia (2014) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi pokok alat optik terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas VIII SMPN 18 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103611019_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bab1.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bab2.pdf - Accepted Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bab5.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103611019_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi pokok alat optik terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design, yang dilaksanakan di SMP Negeri 18 Semarang. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah cluster sampling, pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes untuk mengambil hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan eksperimen. Hasil uji normalitas dan homogenitas peserta didik menunjukkan bahwa kelas VIII C dan VIII D normal dan homogen. Hasil Uji-t pada nilai post-test peserta didik diperoleh thitung = 1,7771. Berdasarkan signifikansi  = 5% dengan dk = 62 diperoleh ttabel atau t(0,95)(62) = 1,668. Dari hasil penelitian didapatkan thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 78,59 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol 75,15. Persentase ketuntasan Kelas eksperimen sebesar 84,37%, sedangkan kelas kontrol hanya 62,5%. Hasil perhitungan gain kelas eksperimen yaitu 0,41 yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok alat optik. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar dan Alat Optik

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.; Wenty Dwi Yuniarti, M. Kom.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:38
Last Modified: 23 Jun 2015 04:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item