Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok prisma dan limas kelas VIII MTs N.U. Hasyim asy’ari 2 kudus tahun pelajaran 2013/2014

Amri, M. Syaiful (2014) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok prisma dan limas kelas VIII MTs N.U. Hasyim asy’ari 2 kudus tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103511034_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bab1.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bab2.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bibliograf.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bab5.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103511034_bab4.pdf - Bibliography

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah. perbedaan kemampuan pemecahan masalah materi pokok prisma dan limas antara peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model konvensional (ceramah). Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII M.Ts N.U. Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dari kelas VIIIA sebanyak 40 peserta didik dan kelompok kontrol dari kelas VIIIB sebanyak 38 peserta didik. Jadi, banyaknya sampel seluruhnya adalah 78 peserta didik yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis statistik uji kesamaan rata-rata yaitu analisis uji t-test satu pihak kanan antara kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan kelas kontrol yang pembelajarannya dengan menggunakan model konvensional (ceramah). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E adalah 77,83, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model konvensional (ceramah) adalah 73,18. Pada pengujian perbedaan dua rata-rata pada kemampuan pemecahan masalah dari kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh thitung = 2,18 dan ttabel pada α = 5% dk= 76 diperoleh t(0,05;76) = 1,664 Oleh karena maka model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model konvensional (ceramah) berbeda secara signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi pendidik untuk dapat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag.; Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Jun 2015 09:22
Last Modified: 30 Jun 2015 09:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4198

Actions (login required)

View Item View Item