Peningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas IX B pokok bahasan Al Qur’an surat At-Tin melalui metode Aptitude Treatment Interaction (ATI)(studi tindakan di SMP Negeri 36 Semarang)

Syafiq, Maulana Azka (2009) Peningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas IX B pokok bahasan Al Qur’an surat At-Tin melalui metode Aptitude Treatment Interaction (ATI)(studi tindakan di SMP Negeri 36 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105148 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105148 _ Bibliogr5aphi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan penerapan metode Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran PAI kelas IX B pokok bahasan Al Qur’an surat at-Tin di SMP Negeri 36 Semarang. 2) untuk mengetahui peningkatan prestasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas IX B pokok bahasan Al Qur’an surat at-Tin dengan menggunakan metode Aptitude Treatment Interaction (ATI) di SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan : Penilaian Hasil Pembelajaran PAI kelas IX B Pokok Bahasan Al Qur’an surat At-Tin dengan Metode ATI Di SMP Negeri 36 Siklus I, II dan III Kategori Pra siklus Siklus I Siklus II Siklus III Tingkat ketuntasan 90-100 70-89 0-69 0 9 25 0 % 26,5 % 73,5 % 0 16 18 0 % 47,0 % 52,9 % 8 19 7 23,5 % 55,8 % 20,6 % 16 16 2 47% 47 % 5,8 % Tuntas Tuntas Tidak Tuntas Jumlah 34 100 % 34 100 % 34 100 % 34 100 % Nilai Keaktifan Pembelajaran PAI kelas IX B Pokok Bahasan Al Qur’an Surat At-Tin dengan Metode ATI di SMP Negeri 36 Siklus I, II dan III NO Aspek pengamatan Siklus I Siklus II Siklus III Jumlah Peserta didik (%) Jumlah Peserta didik (%) Jumlah Peserta didik (%) 1 Peserta didik mendengarkan dengan seksama penjelasan guru 23 67,6 24 70,6 31 91,2 2 Peserta didik aktif mencatat 25 73,5 27 79,4 29 85,3 3 Peserta didik aktif bertanya 21 61,7 27 79,4 31 91,2 4 Peserta didik aktif terlibat dalam diskusi 13 38,2 32 91,1 33 97 5 Peserta didik aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik 18 52,9 28 82,3 32 94,1 Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ismail SM, M. Ag.; Drs. Ikhrom, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jun 2015 07:36
Last Modified: 06 Jun 2015 07:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item