Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dengan strategi team quiz pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Weleri

Mashuri, Mashuri (2009) Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dengan strategi team quiz pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Weleri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105165 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105165 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 1 Weleri . Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah 1 Weleri. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran SKI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs. Muhammadiyah 1 Weleri dengan populasi 58 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VII 20 peserta didik, VIII 18 peserta didik, dan IX 20 peserta didik. Dalam penelitian ini peneleti menggunakan satu kelas untuk menerapkan strategi pembelajaran Tim Quiz yaitu kelas VIII yang jumlahnya ada 18 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan strategi Tim Quiz dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi semangat belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus aktivitas belajar peserta didik mempunyai prosentase 61 % dan rata-rata tes akhir 62,66. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57 % dan rata-rata tes akhir 66,16. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 aktivitas belajar mengalami peningkatan yaitu aktivitas peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 77,14 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 69, 55. Sedangkan jumlah siswa yang berani menyampaikan pertanyaan kepada guru atau sesama siswa pada pra siklus tidak ada. Setelah dicobakan strategi Tim Quiz pada Siklus 1 ada 4 siswa dan pada siklus 2 meningkat menjadi 8 siswa. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan strategi pembelajaran Tim Quis dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak mendukung dan memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Sejarah kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karnadi Hasan, M. Pd.; Drs. Wahyudi, M. Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:49
Last Modified: 11 Jun 2015 00:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item