Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode drill (latihan) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan peserta didik kelas VII-B semester gasal MTs NU Nurul Huda Mangkang Kota Semarang tahun pelajaran 2009/2010

Khoir, Sabikul (2009) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode drill (latihan) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan peserta didik kelas VII-B semester gasal MTs NU Nurul Huda Mangkang Kota Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105220 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105220 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan metode Drill (latihan) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII-B MTs NU Nurul Huda Mangkang kota semarang pada materi pokok operasi bilangan pecahan. (2) Apakah penerapan metode Drill (latihan) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII-B MTs NU Nurul Huda Mangkang kota semarang pada materi pokok operasi bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VII B MTs. NU Nurul Huda Mangkang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII B melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artimya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs. NU Nurul Huda Mangkang dengan populasi 583 peserta didik, yang terdiri dari kelas VII 177 peserta didik, kelas VIII 250 peserta didik, kelas IX 156 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas VII B yang berjumlah 37 peserta didik . Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Drill (Latihan) dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 50,9% dan rata-rata tes akhir 59,71. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 60,25% dan rata-rata tes akhir 61,73. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 78,38% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 8,53. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Drill (Latihan) dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Drill (latihan). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Minhayati Saleh, S. Si., M. Sc.; Hj. Lift Anis Ma’shumah, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:54
Last Modified: 11 Jun 2015 03:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item