Efektivitas pembelajaran kimia dengan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) terhadap hasil belajar siswa kelas X MA NU Banat Kudus materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit tahun pelajaran 2008/2009

Marroh, Salis (2009) Efektivitas pembelajaran kimia dengan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) terhadap hasil belajar siswa kelas X MA NU Banat Kudus materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit tahun pelajaran 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105246 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105246 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X di MA NU Banat Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu peneliti membandingkan antara kelas eksperimen (kelas yang mendapat perlakuan) dengan kelas kontrol (kelas yang tidak mendapat perlakuan). Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MA NU Banat Kudus. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling, yaitu memilih kelompok secara acak dan diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang peniliti gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji pendahuluan dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai pretest. Uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Setelah kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah itu peneliti memberikan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diperoleh data nilai posttest dari kedua kelas terlebih dahulu dilakukan uji pendahuluan dengan uji normalitas dan uji humogenitas sebelum dilakukan uji hipotesis. Teknik analisis data yang dilakukan pada pengujian hipotesis adalah menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 73,6 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol = 64,6. Maka terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,30 dengan α = 5% dan dk = 40 + 40 - 2 = 78. Dari tabel distribusi t diperoleh t(0,95)(78) = 1,67 karena t > t(1-α)(n1+n2-2), maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X MA NU Banat Kudus pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Atik Rahmawati, M. Si.; Drs. Ahmad Sudja’i, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 09:20
Last Modified: 11 Jun 2015 09:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item