Penerapan Model Pembelajaran “Active Debate” untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlak (Studi Kasus di SMA Kesatrian 2 Semarang)

Khoiri, Khoiri (2010) Penerapan Model Pembelajaran “Active Debate” untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlak (Studi Kasus di SMA Kesatrian 2 Semarang). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Khoiri_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bab3.pdf] Text
Khoiri_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bab4.pdf] Text
Khoiri_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Khoiri_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Khoiri_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Akhlaq di Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya lebih menekankan pada metode ceramah, dan cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga pembelajaran yang ada kurang efektif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Kesatrian 2 Semarang, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa masih rendah (ketuntasan belajar klasikal masih sebesar 66,15%). Hal ini salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru kurang variatif (penjelasan teori dilanjutkan dengan menulis secara individual).
Penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran active debate. Alasan pemilihan model ini karena diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan di atas, yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa, serta sekaligus meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang 3 siklus dengan 5 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.1 SMA Kesatrian 2 Semarang semester genap yang berjumlah 40 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret sampai dengan Mei 2010.
Setelah melakukan aplikasi model, observasi proses, evaluasi hasil, dan refleksi perilaku pembelajaran sebanyak tiga siklus, diperoleh data bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran active debate dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek akhlak. Hasil selama proses pembelajaran berupa tes dan observasi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57.50% menjadi 67.50% pada siklus II, dan dari siklus II 67.50 menjadi 87.50% pada siklus III ini berarti ketuntasan individual dan klasikal sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Active Debate; Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2013 01:33
Last Modified: 04 Dec 2013 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics