Nilai pendidikan akhlak dalam shalat (analisis terhadap ayat-ayat tentang shalat di dalam Al-Qur'an)

Fawaid, Khomsatul (2009) Nilai pendidikan akhlak dalam shalat (analisis terhadap ayat-ayat tentang shalat di dalam Al-Qur'an). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105351 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105351 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat di dalam shalat dan mengetahui bagaimana melakukan shalat yang mampu mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Penelitian ini bersifat kualitatif, karena menekankan pada penelitian yang berupaya untuk menelusuri dan mencari teks yang berkaitan dengan pendidikan akhlak dalam shalat yang membahas pada masalah tersebut. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan sumber utama berupa ayat-ayat Al-Qur’an, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga ayat, yaitu surat Al-Ankabut: 45, surat An-Nisa’: 103 dan surat Thaha: 132. Selanjutnya untuk memberi penjelasan-penjelasan atas penafsiran-penafsiran tentang ayat-ayat Al-Qur’an tersebut penulis menggunakan studi pustaka (library research) atau suatu penelitian kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode tafsir tahlili. Metode tahlili ialah menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Dalam metode ini, biasanya mufasir menguraikan makna yang dikandung oleh Al-Qur’an, ayat demi ayat dan surah demi surah sesuai dengan urutannya didalam mushaf. Uraian tersebut menyangkut berbagai aspek yang dikandung ayat yang ditafsirkan seperti pengertian kosakata, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayat-ayat yang lain (munasabat), dan tak ketinggalan pendapat para mufassir. Berdasarkan hasil kajian yang mendalam diperoleh kesimpulan bahwa nilai pendidikan akhlak dalam shalat, yaitu shalat mampu mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar, dalam hal ini ada beberapa nilai akhlak yang termuat di dalamnya, yang mana dengan akhlak ini manusia akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Nilai akhlak itu diantaranya adalah, shalat sebagai kontrol perbuatan manusia, dapat mencegah pelakunya dari kesombongan dan melatih kejujuran. Selain itu juga ada nilai-nilai akhlak lain yang terkandung dalam shalat, yaitu shalat melatih kesabaran dan membentuk kedisiplinan. Kemudian shalat yang mampu mencegah pelakunya dari berbuat keji dan munkar adalah, shalat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan memahami makna yang terkandung dalam shalat baik itu berupa ucapan maupun gerakan-gerakan dalam shalat, serta menjalankannya dengan penuh kekhusyukan, kerendahan dan kehadiran hati

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Yunita Rahmawati, M. A.; Ahwan Fanani M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jul 2015 03:29
Last Modified: 06 Jul 2015 03:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item