Efektivitas model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar matematika materi pokok fungsi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010

Irmawati, Irmawati (2009) Efektivitas model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar matematika materi pokok fungsi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_053511352_Irmawati]
Preview
Text (SKRIPSI_053511352_Irmawati)
3105352 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 3105352 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105352 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penuturan salah satu guru matematika di MTs Negeri 1 Semarang menyatakan bahwa pada pembahasan materi pokok fungsi sebagian peserta didik cenderung bosan dan kurang aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung serta peserta didik belum memahami konsep dari relasi dan fungsi. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum optimal. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat mengaktifkan peserta didik dan melatih daya nalar melalui kegiatan elaborasi adalah model pembelajaran Problem Posing. Melalui penelitian ini diimplementasi model tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah implementasi model pembelajaran Problem Posing efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok fungsi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi model pembelajaran Problem Posing secara berkelompok terhadap hasil belajar matematika materi pokok fungsi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester I MTs Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 yang terbagi dalam 8 kelas sebanyak 315 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t = 3,724 sedangkan nilai t = 1,66. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing secara berkelompok lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran langsung dengan metode ekspositori.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan pembelajaran Problem Posing secara berkelompok lebih efektif daripada pembelajaran langsung dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok fungsi di kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran Problem Posing dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jul 2015 03:32
Last Modified: 03 Jul 2021 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics