Analisis sistem pengelolaan calon jamaah haji dalam menggunakan jasa KBIH (studi kasus di KBIH Nurul Huda Semarang)

Romadhon, Bagus (2015) Analisis sistem pengelolaan calon jamaah haji dalam menggunakan jasa KBIH (studi kasus di KBIH Nurul Huda Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 102411031.pdf]
Preview
Text
102411031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen adalah suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukan oleh garis(line) mengarah kepada proses perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian,yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Manajemen haji merupakan suatu proses pengaturan atau pengelolaan dibidang haji dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen baik itu planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating untuk mencapai suatu tujuan, sehingga terlaksana secara efektif dan efisien.
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) merupakan mitra kerja pemerintah dalam hal ini adalah Departemen Agama untuk membimbing jamaah haji. Sebagai salah satu pihak penyelenggara ibadah haji, KBIH diharapkan mampu memberikan pembinaan, pelayanan serta perlindungan yang sebaik-baiknya kepada calon jamaah haji dan jamaah haji. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara menyempurnakan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji, yakni dengan cara meningkatkan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji. Dengan adanya penyempurnaan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji, diharapkan pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama, serta jamaah dapat menjalankan ibadah secara mandiri sehingga diperoleh haji mabrur. Metode dalam penelitian ini adalah kepustakaan, di mana di dalam penelitian ini di gunakan beberapa literatur yang sekiranya berkaitan dengan permasalahan yang di angkat oleh penulis.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengelolaan jamaah haji sebagai variabel bebas (independent) dan pengguna jasa KBIH sebagai variabel terikat (dependent). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
KBIH Nurul Huda adalah lembaga yang bergerak dibidang jasa, yaitu melaksanakan bimbingan terhadap calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji agar mereka dapat melaksanakan dengan baik dan sesuai syariat yang ditentukan. KBIH Nurul Huda Berdiri pada tahun 2003, setiap tahun selalu memberangkatkan rata-rata 60 jamaah haji, dengan pengelolaan yang baik sehingga dapat mengelola seluruh jamaah haji dengan baik, KBIH Nurul Huda sampai saat ini mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat yang benar-benar menginginkan kwalitas dalam beribadah haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Aug 2015 08:34
Last Modified: 05 Jul 2021 05:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics