Pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada UKM Bandeng Tandu Kendal)

Yunus, Mochamad (2015) Pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada UKM Bandeng Tandu Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411048.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia ekonomi dan bisnis semakin pesat. Hal ini menuntut lembaga bisnis untuk dapat bersaing dengan tetap memperhatikan etika bisnis. Potensi perikanan dan kelautan di Kendal sangat besar. Di antara pelaku usaha bandeng di kabupaten Kendal adalah poklahsar sejahtera atau biasa disebut dengan UKM Bandeng Tandu Kendal. UKM ini merupakan bagian dari KOPMIR KARSA (Koperasi Masyarakat Industri Rakyat Karya Bersama). Pelatihan cabut duri yang dilakukan oleh KOPMIR KARSA telah memunculkan kelompok usaha baru, selain UKM Bandeng Tandu Kendal, ada juga UKM Raja Bandeng, Ratu Bandeng, dan Bandeng Rozal. Di antara alasan KOPMIR KARSA memilih menggunakan merek kolektif karena untuk memberikan kemudahan bagi para UKM untuk berkembang. Namun usaha tersebut masih terbentur kendala faktor individualisme UKM yang bila dibawa untuk kebersamaan sebagian UKM masih sulit karena mementingkan keuntungan individu. Maka UKM Bandeng Tandu Kendal perlu melakukan strategi yang efektif untuk membuat konsumen tetap loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100 konsumen UKM Bandeng Tandu Kendal, yang diperoleh dengan menggunakan simple random sampling, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R^2), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.00 for windows. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = 1,682 + 0,006 X1 + 0,285 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,096 yang berarti bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu etika bisnis Islam dan kualitas produk sebesar 9,6%, dan sisanya yaitu 90,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu etika bisnis Islam dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Loyalitas konsumen; UKM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.; Choirul Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:37
Last Modified: 25 Aug 2015 08:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item