Pengaruh variasi produk dan display layout terhadap minat konsumen muslim di toko Bandeng Juwana Elrina Semarang

Yuliana, Yuliana (2015) Pengaruh variasi produk dan display layout terhadap minat konsumen muslim di toko Bandeng Juwana Elrina Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411077.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis dan kondisi ketidakpastian memaksa perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing. Hal ini menyebabkan perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati apa yang didinginkan kosumennya terutama konsumen Muslim. Yang terjadi pada Bandeng Juwana Elrina pada jumlah penjualan bandeng dalam 3 tahun terakhir mengalami fluktuatif diduga kurangnya minat konsumen Muslim, permasalahan disini adalah apa yang menyebabkan minat konsumen Muslim kurang menarik dan apakah minat konsumen muslim dapat dipengaruhi oleh variasi produk dan display layout. Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Variasi Produk dan Display Layout Terhadap Minat Konsumen Muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang” Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah seberapa besarkah pengaruh variasi produk terhadap minat konsumen muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang dan seberapa besar pengaruh display layout terhadap minat konsumen muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel variasi produk terhadap minat konsumen muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang dan untuk menganalisis pengaruh variabel display layout terhadap minat konsumen muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu variasi produk dan display layout sebagai variabel bebas (independent ) dan minat konsumen Muslim sebagai variabel terikat (dependent). Dan populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Muslim Bandeng Juwana Elrina Semarang, adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas dan rebilitas, uji asumsi klasikselanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis berupa uji T, uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi. Dari analisis tersebut diperoleh hasil analisis regresi sebagai berikut : Y = 8.677 + 0,349X1 + 0,046X2 Variabel variasi produk memiliki pengaruh paling besar terhadap minat konsumen sebesar 0,349, sedangkan variabel display layout mempunyai pengaruh sebesar 0,046. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa variabel variasi produk (X1) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan sedangkan variabel display layout (X2) yang diteliti terbukti secara positif dan tidak signifikan mempengaruhi variabel minat konsumen Muslim (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa hubungan antara variabel variasi produk dan display layout secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat konsumen Muslim terlihat dari Fhitung(23.438)>Ftabel(2,70). Kemudian nilai Adjusted R Square menunjukan 0,312 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 31,2%. Sedangkan sisanya sebesar 68,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Variasi produk; Minat konsumen; Konsumen muslim; Display layout; Marketing
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muhlis, M. Si.; H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Aug 2015 09:59
Last Modified: 25 Aug 2015 09:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item