Analisis strategi pengembangan bisnis Islam pada UMKM Mekar Abadi Kabupaten Grobogan

Faizah, Fita Nurotul (2015) Analisis strategi pengembangan bisnis Islam pada UMKM Mekar Abadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411103.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan salah satu pilar ekonomi dalam kehidupan ini. Berbagai ragam bisnis dapat ditemukan diberbagai penjuru dunia, tentunya dengan berbagai tujuan dan latar belakang pendirian yang berbeda-beda. Di Kabupaten Grobogan terdapat salah satu bisnis yang berdiri dengan memanfaatkan hasil pertanian lokal, yaitu UMKM Mekar Abadi. UMKM Mekar Abadi merupakan unit bisnis Islam yang bergerak di bidang industri makanan ringan/camilan, Ia memanfaatkan pisang, sukun dan jagung untuk menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. Produk-produk tersebut adalah emping jagung, keripik sukun dan ceriping pisang. Berdasarkan data dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan menyatakan bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Grobogan sebanyak 224 UMKM yang bergerak pada industri makanan ringan/camilan. Dan dari 224 UMKM di Kabupaten Grobogan, UMKM Mekar Abadi merupakan salah satu UMKM yang tergolong unggul dan mempunyai potensi untuk terus berkembang. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana strategi yang diterapkan UMKM Mekar Abadi untuk mengembangkan bisnisnya?”, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang di terapkan UMKM Mekar Abadi dalam mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang diterapkan oleh UMKM Mekar Abadi Kabupaten Grobogan secara garis besar sudah sesuai dengan teori strategi pengembangan bisnis. Strategi yang diterapkan adalah strategi kombinasi, yaitu dengan mengkombinasikan strategi integrasi vertikal, strategi intensif dan strategi diversifikasi terkait/konsentrik. Ini dikarenakan usaha yang di jalankan oleh UMKM Mekar Abadi menghasilkan tiga macam produk, sehingga penerapan strategi kombinasi dirasa sangatlah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. M. Saifullah, M. Ag.; Bapak H. Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bisnis Islam; UMKM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Aug 2015 10:20
Last Modified: 25 Aug 2015 10:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item