Analisis penerapan strategi promosi terhadap perkembangan produk simpanan wajib berhadiah (si Wadiah) di KJKS BMT Al Hikmah Ungaran Cabang Bandungan

Fadhila, Okta Nur (2015) Analisis penerapan strategi promosi terhadap perkembangan produk simpanan wajib berhadiah (si Wadiah) di KJKS BMT Al Hikmah Ungaran Cabang Bandungan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122508089.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, dan mempromosikan barang atau produk. Agar perusahaan dapat berhasil dalam memasarkan produknya maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang terarah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti mengenai strategi promosi yang diterapkan di BMT Al Hikmah Cabang Ungaran. Tujuan dari peneliti ini adalah Untuk mengetahui strategi promosi apa yang digunakan untuk menarik minat nasabah. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif deskriptif. Latar penelitian ini memiliki karakteristik yaitu ; kualitatif, instrument utamanya adalah badan/lembaga sosial, dan sifatnya deskriptif (menguraikan hasil penelitian dengan apa adanya). Adapun sumber data penelitian yang digunakan adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis domain (domain analisis), artinya hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk memperoleh gambaran seutuhnya dari obyek yang diteliti, tanpa harus diperincikan secara detail unsur-unsur yang ada dalam keutuhan obyek penelitian tersebut. BMT Al Hikmah Ungaran Cabang Bandungan sebagai salah satu Lembaga Keuangan Syariah di Bandungan, agar dapat bersaing dan mampu mempromosikan produk BMT melakukan Strategi promotion mix yang terdiri dari 4 unsur bauran promosi yaitu: Advertising (iklan), Personal Selling, Publitas, dan Promosi penjualan. Keempat unsur tersebut saling berkaitan dan merupakan strategi promosi yang sering digunakan untuk mempengaruhi permintaan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa BMT Al Hikmah Ungaran menggunakan strategi promosi yang cukup efektif dan efisien dalam menarik minat nasabah BMT Al Hikmah Ungaran dalam memasarkan sebuah produk. Strategi promosi yang digunakan, yaitu: dengan cara mendatangi calon Anggota, dengan cara membuat acara bhakti sosial dengan melibatkan masyarakat sehingga bisa meniptakan image yang baik di mata masyarakat, dengan cara personal selling, dengan cara memanfaatkan jaringan atau networknya, dengan cara menggunakan brosur, dan dengan cara memberikan promosi penjualan dengan membagikan kupon grandprise simpanan wajib berhadiah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan metode diatas, dapat diketahui bahwa strategi promotion mix yang meliputi advertising, personal selling, publitas, promosi penjualan yang diterapkan BMT Al Hikmah Ungaran dapat meningkatkan volume penjualan produknya sehingga BMT akan dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi; Wadiah; KJKS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:35
Last Modified: 27 Aug 2015 08:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item