Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang

Adhiantoro, Ega Putri (2015) Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122503015.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

BPRS Suriyah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berada di Jalan Indraprasta No. 39 Semarang. Dalam penghimpun dana BPRS Suriyah Semarang memiliki berbagai macam produk dengan akad yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dari semua macam produk penghimpun dana yang ada produk deposito syariah mudharabah lah yang besar pengaruhnya terhadap penyaluran dana berupa pembiayaan. Dari pengangkatan judul Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah deposito syariah mudharabah di BPRS Suriyah cabang semarang dapat dirumuskan permasalahan : mengapa nisbah bagi hasil dan indikasi rate deposito di BPRS Suriyah dibedakan antara deposito perorangan, deposito perusahaan dan deposito ABP, mengapa nasabah kebanyakan lebih memilih mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan dan bagaimana Strategi marketing menarik nasabah untuk mendepositokan uangnya pada jangka waktu 12 bulan di BPRS Suriyah tersebut. Penulis menggunakan 4 metode dalam pengumpulan data baik primer maupun sekunder dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner. Aplikasi mudharabah dalam produk Deposito Syariah (Desya) mudharabah yang ada di BPRS Suriyah menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Dalam pengelolaan dana Deposito Syariah mudharabah tersebut BPRS Suriyah memberikan beberapa keuntungan seperti : proporsi nisbah bagi hasil yang lebih besar, indikasi rate yang diberikan pun tinggi, tidak ada pinalty hanya saja nasabah tidak mendapat bagi hasil dan keuntungan lain yaitu pilihan bulan yang flexibel. Praktek pemasaran yang digunakan oleh marketing BPRS Suriyah yaitu dengan cara mengenal terlebih dahulu bagaimana karakter nasabah dan latar belakangnya lalu melakukan pendekatan sederhana yang mengarah pada deposito di BPRS Suriyah. Cara lainnya yaitu dengan menawarkan produk Deposito tersebut ke Ibu rumah tangga, pedagang dan lain lain yang nantinya pasti akan ada promosi dari satu orang ke orang lain yang dilakukan oleh nasabah lalu juga marketing menyebarkan brosur kebeberapa wilayah disemarang. Dari data yang sudah dilampirkan, terdapat peningkatan jumlah nasabah deposito disetiap bulannya maupun setiap tahun, yang banyak mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan karena bagi para shahibul maal bagi hasil pada jangka waktu 12 bulan cukup tinggi dibandingkan jangka waktu 1,3 dan 6 bulan Kata kunci : BPRS, deposito syariah, mudharabah, praktek marketing

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Heny Yuningrum, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Deposito syariah; BPRS; Strategi pemasaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Aug 2015 04:46
Last Modified: 31 Aug 2015 04:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item