Upaya BMT BUS untuk meningkatkan loyalitas anggota

Endarti, Alin (2015) Upaya BMT BUS untuk meningkatkan loyalitas anggota. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 122503037.pdf]
Preview
Text
122503037.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelayanan dalam perbankan adalah hal yang sangat vital, karena perbankan adalah perusahaan jasa, yang menjual jasa dari pelayanan. Nasabah menilai kinerja perbankan berdasarkan dari pelayanan yang diberikan oleh karyawannya (SDM). Pelayanan sangat berarti untuk menciptakan kepercayaan dari nasabah, dan dari kepercayaan itulah akan muncul loyalitas dari nasabah untuk bertransaksi dengan lembaga keuangan tersebut. Banyak BMT yang berdiri dan bersaing dikalangan masyarakat. Namun banyak pula BMT–BMT yang tidak bisa mempertahankan eksistensinya lantaran karena kurangnya professional kerja pada karyawan sehingga pelayanan yang diterima nasabahpun kurang memuaskan dan banyak nasabah yang beralihke Perusahaan saingan. Untuk menghasilkan loyalitas anggota, BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem menciptakan budaya kerja yang baik kepada para karyawannya. Karena professional kerja sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang baik. Penilaian nasabah atas kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepercayaan yang tinggi di hati nasabah, sehingga mampu meningkatkan loyalitas anggot apada BMT BUS. Dari latar belakang masalah tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya BMT BUS untuk meningkatkan loyalitas anggota ”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelayanan yang diberikan BMT BUS kepada Anggotanya?, 2) Bagaimana Upaya yang dilakukan BMT untuk meningkatkan Loyalitas Anggota? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang di berikan BMT BUS dan mengetahui loyalitas anggota di BMT BinaUmmat Sejahtera LasemCabangPati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di BMT BUS Lasem. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, faktor-faktor yang menyebabkan kurganya loyalitas anggota yaitu karena faktor internal (karyawan belum cakap dalam memberikan pelayanan, kurangnya konsistensi dan komitmen dalam member pelayanan, serta kurangnya pemahaman karyawanterhadap BMT) dan faktor eksternal (kondisi perekonomian yang kurang baik, banyaknya persaingan usaha, dan terjadinya bencana alam yang tak terduga, kurangnya pemahaman masyarakat akan lembaga keuangan syariah)
.
Kata kunci: upaya, pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas nasabah; Kinerja perbankan; Pelayanan prima
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Aug 2015 06:15
Last Modified: 28 May 2021 08:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics