Strategi marketing mix untuk mengoptimalkan produk simpanan sukarela (studi kasus di BMT Walisongo Papandayan Semarang)

Febriyana, Ida (2015) Strategi marketing mix untuk mengoptimalkan produk simpanan sukarela (studi kasus di BMT Walisongo Papandayan Semarang). Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122503053.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT Walisongo Papandayan Semarang dibentuk dalam upaya memberdayakan ummat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan serta kegiatan-kegiatan lain yang berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat ataupun anggota dan mitra yang di bina menuju arah yang lebih baik, lebih aman, dan lebih adil. Adapun produk simpanan yang dijadikan bahan penelitian adalah simpanan sukarela (Sirela), yang dilatarbelakangi dengan banyaknya jumlah nasabah sirela di BMT Walisongo. Memperhatikan hal tersebut, penulis merajuk dalam kegiatan pemasarannya. Sehingga judul Tugas Akhir ini adalah STRATEGI MARKETIG MIX UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUK SIMPANAN SUKARELA (Studi Kasus di BMT Walisongo Papandayan Semarang). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi marketing mix di BMT Walisongo Papandayan Semarang dalam upaya mengoptimalkan produk SiRela. Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix di BMT Walisongo Papandayang Semarang. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang penulils gunakan yaitu data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan datanya penulis melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penerapan Marketing Mix dengan menggunakan 4p (product, price, place, dan promotion) yang digunakan oleh BMT Walisongo Papandayan merupakan cara yang efektif dalam mengoptimalkan produk sirela. Dalam penerapan strategi produk, BMT telah membuat logo yang sesuai dengan jati diri dari BMT Walisongo, motto yang baik dan menarik, serta merk yang mudah diingat, mudah dibaca, dan mudah dibedakan. Untuk strategi harga, produk sirela dengan terjangkaunya harga untuk pembukaan simpanan sirela serta tidak adanya biaya administrasi. Strategi tempat yang dipilih sangat strategis, ditambah adanya beberapa kantor cabang lain dan kantor kas yang dimiliki oleh BMT Walisongo Papandayan. Untuk kegiatan promosi sirela, media yang digunakan berupa brosur, website, dan billboard. Kegiatan promosi lainnya dengan adanya sistem jemput bola, bonus bagi hasil yang diberikan, pemberian hadiah kepada nasabah, serta berbagai kegiatan bakti sosial yang dilakukan BMT Walisongo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Produk simpanan; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: A. Turmudi., SH., M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Sep 2015 08:44
Last Modified: 04 Sep 2015 08:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item