Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Al-Hikmah Cabang Karangjati

Cahyani, Indah Gita (2015) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Al-Hikmah Cabang Karangjati. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122503056.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat berbagai banyak lembaga keuangan syariah baik makro maupun mikro akan tetapi kualitas pelayanan yang berskala kualitas hal yang terpenting bagi semua lembaga keuangan syariah yang tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi nasabah agar dapat bertahan dan membeli ulang produk yang disediakan. Kualitas layanan dan pencapaian nilai pelanggan merupakan variable yang penting guna meningkatkan kepuasan nasabah. Hal tersebut timbul permasalahan yang membuat penulis tertarik untuk mengidentifikasi bagaimana teknik BMT Al-Hikmah Cab. Karangjati dalam meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif dari kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada 60 orang responden sebagai sample untuk mendapatkan tanggapan tentang dimensi Kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Selain menggunakan kuisioner penulis juga menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik normalitas, serta uji hipotesis yaitu uji t). Dari uji validitas dan reabilitas, diperoleh tiap-tiap instrument dari semua variable nilai r tabel diatas 0,2144 dikatakan valid. Sedangkan cronbach’s alpha > dari 0,630. Hal ini dapat dinyatakan realibel karena nilai cronbach’s lebih kecil dari 0,6. Hasil perhitungan secara partial diperoleh untuk t hitung (2.501) > t tabel (0,2144) yang berarti Kualitas layanan mempengaruhi 23 % dari kepuasan nasabah sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain. Berarti hipotesis menyatakan ada pengaruh signifikan antara Kualitas layanan dengan kepuasan nasabah di KJKS BMT Al-Hikmah Cab. Karangjati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; Kepuasan nasabah; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Sep 2015 08:47
Last Modified: 04 Sep 2015 08:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item