Strategi pemasaran produk simpanan siswa pendidikan pada BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang

Suryaningtyas, Kiky (2015) Strategi pemasaran produk simpanan siswa pendidikan pada BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122503063.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang yang terletak di pasar kanjengan E. 15 Semarang merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berada di Semarang. Dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat, BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang memerlukan suatu strategi pemasaran yang terarah. Salah satu produk yang memerlukan strategi pemasaran adalah Si Sidik plus, yaitu tabungan yang dikhususkan untuk para siswa didik agar memiliki masa depan pendidikan yang cerah. Permasalahan yang akan penulis teliti adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang untuk memasarkan Si Sidik plus agar lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu juga bertujuan membantu masyarakat dalam menyimpan dananya dalam jumlah yang besar untuk biaya pendidikan anaknya. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian bertempat di BMT BinaUmat Sejahtera Cabang Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan sebagai berikut: strategi pemasaran yang diterapkan BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang dalam memasarkan Si Sidik plus yaitu melalui keunggulan produk, penetapan jumlah setoran awal dan tidak ada angsuran berikutnya serta melalui kegiatan promosi yang sudah dilakukan. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan Si Sidik plus yaitu kurangnya sumber daya manusia, pandangan masyarakat terhadap pentingnya berinvestasi yang masih minim serta lokasi penempatan BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Semarang yang kurang strategis. Kata kunci: strategi pemasaran, wadi’ah , simpanan, Si Sidik Plus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Simpanan siswa pendidikan; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Heny Yuningrum, SE, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Sep 2015 09:02
Last Modified: 04 Sep 2015 09:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item