Hubungan antara Kecerdasan Emosional Siswa dengan Prestasi Belajar Biologi Kelas X Semester Genap di MA NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2011/2012

Komariyah, Komariyah (2012) Hubungan antara Kecerdasan Emosional Siswa dengan Prestasi Belajar Biologi Kelas X Semester Genap di MA NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083811013_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang tahun ajran 2011/2012 (X), (2) Bagaimana prestasi belajar Biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang tahun ajaran 2011/2012 (Y), (3) Adakah hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar Biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Subjek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional siswa kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang (X), dokumentasi untuk memperoleh data tentang nilai raport prestasi pada mata pelajaran Biologi (Y), dan observasi untuk memperoleh data tentang letak geografis, struktur organisasi, dan sebagainya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional siswa kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang adalah dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 72,43 pada interval 68-77. (2) Sedangkan pada prestasi belajar Biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang adalah dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 74,95 pada interval 71-79. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai rhitung = 0,515 yang kemudian diteruskan dengan pengujian signifikasi uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung = 3,704 > ttabel 1% = 2,750 maupun pada taraf signifikan 5% = 2,042. (3) Ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar Biologi, artinya semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar Biologi. Dan sebaliknya semakin rendah tingkat kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar Biologi. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 26,52% terhadap prestasi belajar Biologi dan sisanya73,48% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor internal dan faktor eksternal

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar Biologi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:08
Last Modified: 04 Dec 2013 04:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item