Hubungan antara Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Biologi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di MAN Kendal

Hindun, Laila (2012) Hubungan antara Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Biologi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083811014_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811014_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan antara persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Bagaimana persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi kelas X di MAN Kendal? (2). Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X di MAN Kendal? dan (3). Apakah ada hubungan antara persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN Kendal?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis inferensial. Penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis korelasi product moment untuk pengujian hipotesis yang telah diajukan. Subjek penelitian sebanyak 96 responden, menggunakan teknik quota random sampling. Variabel independen adalah persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi sedangkan variabel dependennya adalah motivasi siswa kelas X di MAN Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang berfungsi melengkapi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 1). Persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi kelas X MAN Kendal termasuk dalam kategori “sedang” yaitu pada interval 68-73 dengan rata-rata 70,791. 2). Motivasi belajar siswa yang dimiliki oleh siswa kelas X MAN Kendal termasuk dalam kategori “sedang” yaitu pada interval 67-74 dengan rata-rata 70,072. 3). Ada hubungan positif antara persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi dengan motivasi belajar siswa kelas X MAN di Kendal. Penghitungan selanjutnya diperoleh r= 0,286 dan KP= 8,2%. Setelah diketahui bahwa variabel X memberikan sumbangan sebesar 8,2% terhadap variabel Y, maka dilanjutkan dengan uji signifikansi antara variabel X dan variabel Y melalui penghitungan uji t. Setelah dilakukan penghitungan terhadap uji t, diperoleh thitung = 2,893. Kemudian, nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,980 dan nilai ttabel 1% = 2,617. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya 2,893 > 2,617 > 1,980. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat hubungan antara persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran biologi dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru; Motivasi Belajar; Pembelajaran Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:10
Last Modified: 04 Dec 2013 04:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item