Strategi pengembangan produk deposito IB Desya Mudharabah pada BPRS Suriyah Cabang Semarang

Riyanda, Fifi (2015) Strategi pengembangan produk deposito IB Desya Mudharabah pada BPRS Suriyah Cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122503119.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah merupakan lembaga keuangan yang berbentuk bank non umum dengan menggunakan prinsip syariah dalam operasionalnya. Berdiri di kota Cilacap pada tanggal 6 Januari 2005 dan sudah memiliki beberapa cabang di kota lainnya. Produk-produk yang terdapat pada BPRS Suriyah dari segi pendanaan (funding) antara lain tabungan ib tasya suriyah, tabungan ib tasya pelajar dan santri, tabungan ib tasya haji baitullah, tabungan ib tasya qurban, tabungan ib tasya taman sari, dan deposito ib desya mudharabah. Sedangkan dari produk pembiayaan (lending) antara lain bisya murabahah, bisya istisna, bisya ijarah, bisya multijasa, dan bisya qardh. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan dalam mengembangkan produk deposito desya. Keberhasilan ini dapat diukur dari perolehan nasabah yang selalu melebihi target serta banyak nasabah lama yang merasa nyaman dan terus menginvestasikan dananya dalam jumlah besar. Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana strategi pengembangan produk deposito ib desya mudharabah dan peneliti ingin mengetahui tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada BPRS Suriyah. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis penelitian lapangan, data-data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu deposito Ib desya ini mempunyai bagi hasil yang cukup tinggi sampai 57,5%, Cara pengembangan produk deposito desya menggunakan pendekatan proaktif antara lain menentukan target pasar, memantau perkembangan pesaing, dan melakukan promosi. Kekuatan dari produk deposito ib desya mudharabah yaitu memiliki bagi hasil yang tinggi dibandingkan dengan lembaga keuangan lain dan menggunakan strategi jemput bola. Sedangkan kelemahannya adalah strategi pemasaran atau promosinya kurang menarik hanya menggunakan brosur saja. Untuk peluang dari BPRS Suriyah yaitu banyak nasabah lama yang loyal dan nyaman dengan pelayanan serta bagi hasil yang diberikan BPRS Suriyah. Dan ancamannya adalah banyak pesaing yang memberikan hadiah kecil dan menggunakan promosi yang lebih menarik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan produk; Deposito; Mudharabah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zaenuri
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Sep 2015 08:56
Last Modified: 08 Sep 2015 08:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item