Hubungan muhasabah dan regulasi diri dalam belajar pada siswa MA Al–Khoiriyyah Semarang

Muna, Aulia Nailul (2015) Hubungan muhasabah dan regulasi diri dalam belajar pada siswa MA Al–Khoiriyyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
104411017.pdf - Accepted Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Muhasabah ialah introspeksi, mawas atau meneliti diri,. Jika muhasabah itu tertaman dalam diri sesorang tentu akan dapat mengendalikan diri dari dari perbuatan yang buruk, hal ini juga sangat diperlukan dalam hal belajar muhasabah sangat dibutuhkan guna menunjang kesuksesan belajar. Muhasabah diharapkan mampu berperan dalam meningkatkan regulasi diri/ kontrol diri menjadi lebih baik, sehingga dapat meminimalisir tingkah laku yang tidak diinginkan. Penelitian ini berjudul “Hubungan Muhasabah dan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa MA Al-Khoiriyyah Semarang” yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan muhasabah dan Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa MA Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah terdapat hubungan antara muhasabah dan regulasi diri dalam belajar siswa MA Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al-Khoiriyyah Semarang dengan jumlah 41 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh r_xy = 0,730 dengan p= 0,000 (p>0,01 Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara muhasabah dan regulasi diri dalam belajar pada siswa MA Al-Khoiriyyah Semarang. Yaitu semakin tinggi muhasabah siswa maka akan semakin tinggi regulasi diri dalam belajarnya. Dengan kategorisasi siswa pada variabel muhasabah diperoleh 35 subjek dari 41 subjek atau 85.3% subjek dengan interval skor nilai berkisar antara 142.8 - 170 memiliki tingkat muh{a>sabah yang tinggi. Berdasarkan hasil olahan data pada variabel regulasi diri dalam belajar, diperoleh 19 subjek dari 41 subjek atau 46.3% dengan interval skor nilai berkisar antara 115,6 - 142,8 memiliki tingkat regulasi diri dalam belajar yang tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Muhasabah; Mawas diri; Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nidlomun Ni’am, M. Ag.; Fitriyati, S. Psi., M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Sep 2015 09:39
Last Modified: 15 Sep 2015 09:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item