Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based instruction materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII semester genap MTs Uswatun Hasanah Mangkang Tahun Pelajaran 2011/2012

Khoeriyatun Ni’mah, Pristiani (2012) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based instruction materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII semester genap MTs Uswatun Hasanah Mangkang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511049_Pristiani_Khoeriyatun_Ni'mah]
Preview
Text (SKRIPSI_073511049_Pristiani_Khoeriyatun_Ni'mah)
073511049_Coverdll.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bab1.pdf]
Preview
Text
073511049_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bab2.pdf]
Preview
Text
073511049_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bab3.pdf]
Preview
Text
073511049_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bab4.pdf]
Preview
Text
073511049_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bab5.pdf]
Preview
Text
073511049_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 073511049_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073511049_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang, khususnya pada materi pokok keliling dan luas lingkaran melaluimodel pembelajaran Problem Based Instruction.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penerapannya melalui 2 siklus, yaitu siklus I, dan siklus II. Sebelum melaksanakan siklus I peneliti melakukan observasi dengan guru tentang pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas VIII, dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional yang mana dalam metode tersebut guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar. Peserta didik juga masih banyak yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, dan sibuk mengobrol dengan teman yang lain. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga mengakibatkan aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar menjadi tidak maksimal, dampaknya peserta didik tidak bisa maksimal dalam memahami materi yang secara tidak langsung menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak maksimal pula. Hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik saat mengerjakan tes soal uji coba yang masih banyak dibawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimum) yang ditentukan peneliti yaitu 70. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Saat melakukan observasi, peneliti memberikan soal uji coba materi keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII dengan 30 peserta didik. Soal diujicobakan untuk mengetahui kevalidan, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal tersebut. Soal yang valid akan digunakan untuk tes evaluasi pada siklus I dan siklus II.Siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar klasikal adalah 69,1dan 67,86%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 71,6%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 77,36dan 82,14%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 77,14%.
Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik MTs Uswatun Hasanah Mangkangkelas VIIIsemester genap tahun pelajaran 2011/2012 pada keliling dan luas lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Problem Based Instruction; Keliling Lingkaran; Luas Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:19
Last Modified: 29 May 2021 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics