Penerapan analisis SWOT dalam strategi peningkatan daya saing pedagang muslim untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): studi kasus pada butik busana muslim Rabbani Semarang

Ernayanti, Tri (2015) Penerapan analisis SWOT dalam strategi peningkatan daya saing pedagang muslim untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): studi kasus pada butik busana muslim Rabbani Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411176.pdf - Accepted Version

Download (846kB) | Preview

Abstract

Dalam kaitannya dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Rabbani telah banyak memberikan kontribusi besar dalam perekonomian terutama dalam membangun trend mode Islami dalam jangka waktu yang cukup lama. Di lain sisi keberadaan Rabbani merupakan suatu alternatif pembelian produk busana muslim yang saat ini sedang menuai keuntungan yang cukup besar dikarenakan mode yang sedang menjamur di kalangan masyarakat. Selain itu juga menonjolkan Brand Image atau Citra Merk yang kuat sebagai salah satu langkah untuk menghadapi ketatnya persaingan para produsen busana muslim. Dengan adanya perdagangan antar negara maka setiap negara bisa memperluas pasarnya sehingga dalam produksinya skala ekonomis bisa tercapai dan setiap negara bisa memperluas variasi produk yang dapat diproduksi di dalam negeri. Persaingan di pasar domestik yang lebih besar memaksa setiap perusahaan di dalam negeri untuk meningkatkan daya saingnya melalui cara-cara sebagai berikut pertama peningkatan efisiensi yaitu dengan cara melaksanakan fungsi manajemen Rabbani secara tepat. Kedua perbaikan kualitas produk guna mengurangi tingkat kecacatan produk yang dihasilkan Rabbani. Ketiga adanya pertumbuhan eksternalitas yaitu biaya yang harus ditanggung atau manfaat tidak langsung yang diberikan dari suatu pihak akibat aktivitas ekonomi yang dilakukan, seperti peningkatan jumlah produksi yang dilakukan Rabbani untuk meningkatkan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Islam tentang perdagangan bebas, dan untuk mengetahui bagaimana formulasi strategi yang dipersiapkan Rabbani dalam menghadapi MEA dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menyatakan bahwa Islam juga mengenal perdagangan bebas karena prinsip perdagangan dalam Islam sebenarnya adalah kebebasan, kebebasan dalam melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dengan berdasarkan keridhaan (keikhlasan) serta tidak ada pemaksaan. Strategi yang digunakan Rabbani dalam berbisnis yaitu mendirikan usaha busana muslim dengan sistem reshare, karena dengan menggunakan sistem tersebut resiko yang ada jauh lebih kecil daripada menggunakan sistem yang lainnya. Selain itu dalam berusaha, seorang wirausaha harus mempunyai sifat selalu semangat, ulet, tak pernah menyerah dan dapat membaca peluang yang ada, itulah yang menjadikan Rabbani sukses. Keberhasilan busana muslim Rabbani dalam berbisnis dalam hal pelayanan konsumen dan kualitas produk yang ditawarkan menyebabkan busana muslim Rabbani terus mengalami peningkatan. Namun demikian, untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, busana muslim Rabbani dapat melakukan cara memperbenyak jenis variasi produk busana muslim/kerudung dan membuka beberapa outlet ke wilayah-wilayah potensial lainnya secara intensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pedagang muslim; SWOT; Butik busana muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Johan Arifin, S. Ag., MM.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Sep 2015 09:47
Last Modified: 16 Sep 2015 09:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item