Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada penjualan online (studi kasus pada mahasiswa S1 UIN Walisongo Semarang)

Hasanah, Uswatun (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada penjualan online (studi kasus pada mahasiswa S1 UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411185.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya globalisasi yang membawa dampak kepada perubahan cara untuk memasarkan produk. Dewasa ini teknologi internet merupakan salah kunci sukses perusahaan kecil, sedang, maupun besar untuk menjaring semakin banyak pelanggan. Dengan internet, alur pemasaran suatu produk dari produsen ke konsumen tidak lagi dibatasi oleh waktu, ruang maupun jarak. Produsen dapat dengan mudah memasarkan produk-produknya tanpa melalui alur pemasaran konvensiaonal yang panjang dan memerlukan waktu yang lama serta memerlukan lebih banyak biaya sehingga produsen mampu menekan biaya untuk memasarkan produknya. Teknologi internet menjadi berkembang pesat dan pada akhirnya menjadikan semakin ketatnya persaingan pemasaran bagi produsen di Indonesia maupun global. Ada yang menarik dari perilaku konsumen di Indonesia, sebagian besar konsumen yang membelanjakan uang mereka dalam bisnis online mengalami impulse buying (pembelian tak terencana) saat berbelanja. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan konsumen melakukan impulse buying ketika berbelanja secara online. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3), promosi (X4) dan impulse buying sebagai variabel dependennya (Y). Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 100 orang responden di lingkungan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang telah melakukan pembelian tidak direncanakan secara online dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t sehingga didapat persamaan : Y = 3,981+ 0,054X1 + (- 0,095X2) + (-0,053X3 )+ 0,396X4 Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa, dari keempat variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, hanya variabel promo yang berpengaruh positif sebesar 3,375 dengan tingkat signifikansi 0,001. Besarnya koefisien determinasi R2 dari keempat variabel tersebut adalah 17,7%. Hal ini berarti kedua variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan 17,7% variasi sementara variasi lainnya yaitu sebesar 100% - 17,7%= 82,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Impulse buying; perdagangan online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muchlis, M. Si.; Dede Rodin, Lc., M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Sep 2015 06:06
Last Modified: 16 Sep 2015 06:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item